Pageviews last month

Feb 26, 2015

Budidaya Tanaman Pangan

Indonesia dikenal sebagai negara agraris, yaitu negara yang sebagian besar penduduknya mempunyai mata pencaharian di berbagai bidang pertanian, seperti budidaya tanaman pangan.
      Tanaman pangan menjadi komoditas penting di Indonesia karna dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pangan sendiri dan menjadi mata pencaharian.

Tanaman pangan dikelompokkan berdasarkan umur, yaitu tanaman semusim dan tanaman tahunan.

  • Tanaman semusim adala tanaman yang dipanen dalam satu musim tanam, antara 3-4 bulan.
  • Tanaman tahunan adalah tanaman yang yang terus tumbuh bereproduksi atau menyelesaikan siklus hidupnya dalam jangka waktu lebih dari dua tahun.


1. Padi (Oryza sativa)
Padi memiliki batang yang berbuku dan berongga. Budidaya tanaman padi dikelompokan menjadi padi sawah, padi gogo, padi rawa. Tanaman padi diperbanyak dengan menggunakan biji.

2. Jagung (Zea mays)
Jagung memiliki batang tunggal yang terdiri atas buku dan ruas. Jagung dapat ditanam di lahan kering maupun di lahan sawah sesudah panen padi. Tanaman jagung diperbanyak dengan biji.

3. Sorgum (Sorghum bicolor)
Tanaman sorgum sekilas mirip tanaman jagung. Sorgum diperbanyak dengan biji. Sorgum dapat ditanam pada berbagai kondisi lahan subur maupun lahan kurang subur atau lahan marjinal karna sorgum memiliki daya adaptasi yang luas.

4. Kedelai (Glycine max)
Kedelai merupakan tanaman semusim dengan tinggi tanaman antara 40 - 90 cm. Polong kedelai yang telah masak ditandai dengan kulit polong berwarna cokelat. Kedelai dapat ditanam di lahan kering atau di sawah sesudah panen padi.

5. Kacang Tanah (Arachis hipogeae)
Kacang tanah dapat ditanam di lahan kering dan lahan sawah sesudah panen padi. Kacang tanah diperbanyak dengan biji. Kacang tanah dapat dipanen pada umur 90 - 95 hari setelah tanam,

6. Kacang Hijau (Vigna radiata)
Umur panen kacang hijau berkisar 55-65 hari setelah tanam. Kacang hijau dapat diperbanyak dengan biji. Kacang hijau dapat ditanam di lahan kering maupun di lahan sawah sesudah panen padi.

7. Singkong (Manihot utilissima)
Yang dipanen dari tanaman singkong adalah umbinya. Tanaman ini dapat menghasilkan biji tetapi tidak digunakan untuk perbanyakan. Tanaman ini biasa diperbanyakan menggunakan stek batang. Umur tanaman singkong sekitar 8-10 bulan.

8. Ubi Jalar (Ipomoea batatas)
Tanaman ubi jalar memiliki batang panjang menjalar. Ubi jalar dapat diperbanyak dengan ubi, pucuk batang, dan setek batang. Umur tanaman ubi jalar berkisar 4-4,5 bulan. Ubi jalar umumnya ditanam pada guludan tanah di lahan tegalan atau lahan sawah.


Tanaman pangan menyebar secara merata di seluruh wilayah Indonesia dan terdapat beberapa daerah yang menjadi sentra pengembangan tanaman pangan tertentu.


No comments:

Post a Comment